Hai klien kami yang berharga!
Terima kasih telah tertarik dengan perhiasan Rockologist dan tertarik untuk membuat proyek bersama kami. Berikut adalah syarat dan ketentuan di Rockologist. Kami memahami ini adalah postingan yang panjang, tetapi kami juga yakin artikel ini sangat penting untuk Anda pahami sebelum kami memulai proyek kami.
Dengan melakukan pembayaran untuk memulai proyek bersama kami, maka Anda dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan di bawah ini:
1. Rekam Video Selama Proses Pembongkaran
Kami mewajibkan semua klien untuk melakukan perekaman video selama proses pembukaan kemasan. Pencatatan ini diperlukan tidak hanya oleh kami tetapi juga oleh pihak ekspedisi jika terjadi kerusakan, kehilangan, atau hal-hal lain yang tidak terduga yang terjadi selama proses pengiriman sebagai bukti yang harus dilampirkan. Anda tidak perlu khawatir, kami akan selalu bertanggung jawab dan membantu Anda jika ada yang tidak beres dengan perhiasan yang Anda terima. Hal ini juga akan kami jelaskan lebih detail pada poin no.17 di bagian akhir dokumen ini, jadi mohon untuk terus membacanya sampai akhir.
2. Warna Perhiasan Pudar Bukan Kesalahan Produksi
Untuk mewarnai perhiasan, kami menggunakan proses elektroplating tradisional dengan melapisi perhiasan dengan lapisan rhodium. Di bawah lapisan rhodium ini terdapat warna asli dari bahan logam. Lapisan rhodium akan memudar setelah perhiasan mulai digunakan. Pudarnya rhodium terjadi karena gesekan dan/atau benturan antara perhiasan dengan benda lain, bahkan dalam penggunaan normal. Selain itu, oksidasi alami pada logam juga dapat menyebabkan lapisan rhodium memudar. Proses oksidasi ini menyebabkan munculnya patina (bercak kehitaman/kehijauan) yang akan mengubah warna asli perhiasan. Dalam kasus yang parah, pembersihan harus dilakukan oleh ahli perhiasan profesional (sebaiknya bersama kami), tetapi dalam kasus yang ringan Anda dapat membersihkannya sendiri di rumah. Lamanya waktu memudarnya warna lapisan rhodium dan munculnya proses oksidasi memiliki durasi yang berbeda-beda. Hal ini bergantung pada bagaimana setiap klien memperlakukan perhiasan tersebut, termasuk di mana disimpan dan digunakan. Pudarnya rhodium dan oksidasi menciptakan tampilan vintage, rustic, dan unik pada produk-produk Rockologist, yang disukai dan ditunggu oleh sebagian besar pelanggan kami. Jika klien kami ingin memperbaharui atau bahkan mengubah warna perhiasan, kami pasti akan membantu. Lihat Layanan Penyesuaian kami di poin berikutnya.
3. Tentang Layanan Penyesuaian
Rockologist memiliki satu layanan yaitu Adjustment Service. Adjustment Service adalah layanan dimana klien dapat mengubah atau mewarnai ulang lapisan rhodium (replating) dan mengubah ukuran cincin (resize), dengan ketentuan sebagai berikut:
Setiap produk yang dipesan di Rockologist berhak mendapatkan 1x (satu kali) gratis Adjustment Service, selanjutnya klien dapat kembali menggunakan layanan ini dengan biaya tambahan.
Pekerjaan Replating dan Resizing pada Layanan Penyesuaian ini harus dilakukan secara bersamaan. Meski begitu, klien dapat memilih untuk hanya melakukan salah satunya, tetapi pekerjaan yang tidak dilakukan tidak dapat dikembalikan atau dilakukan di lain waktu.
Perubahan lebar, ketebalan, dan bentuk perhiasan serta perubahan warna atau ukuran berlian tidak termasuk dalam Layanan Penyesuaian ini.
Segala biaya pengiriman (dari Client ke Rockologist dan dari Rockologist ke Client) akibat Jasa Adjustment menjadi tanggung jawab klien, baik 1x gratis maupun untuk Jasa Adjustment berbayar.
Pada saat melakukan Replating dan/atau Resizing, akan terjadi proses yang menyebabkan berat material logam menjadi berkurang, namun kami tidak dapat mengembalikannya dalam bentuk uang (refund) karena proses tersebut menyebabkan material logam yang tereduksi menjadi potongan super kecil yang tersebar di udara dan tidak mungkin dikumpulkan. Hanya Resize yang jauh lebih besar dari ukuran awal yang akan menambah berat material logam tersebut. Apabila berat bertambah, biaya selisih berat bahan logam akan menjadi tanggung jawab klien. Ketentuan ini hanya berlaku untuk material berbayar, seperti: Gold, Palladium atau Platinum.
Layanan Penyesuaian 1x gratis ini, khususnya fasilitas Resizing hanya disediakan untuk klien yang menggunakan salah satu dari empat metode pengukuran yang disarankan oleh Rockologist dan harus dikonfirmasi oleh Customer Assistant untuk akurasi dengan mengirimkan foto selama proses pengukuran.
4. Rockologist Tidak Menjamin Kerusakan atau Kehilangan Berlian
Dengan berat hati dan seperti biasa, Rockologist tidak menjamin kerusakan atau kehilangan berlian yang telah diterima klien dengan alasan apapun. Meski begitu tetap menjadi tujuan kami untuk memberikan berlian terbaik sesuai jenisnya dan setting berlian terkuat di industri perhiasan buatan tangan.
Salah satu alasan paling umum mengapa berlian jatuh adalah karena cincin mengalami benturan atau gesekan. Apakah itu benturan ringan atau berat atau gesekan yang terjadi dalam penggunaan normal atau ekstrem, hal itu akan bertambah seiring waktu dan menyebabkan dudukan berlian (bagian dari cincin yang menahan berlian di tempatnya) berubah bentuk dan kendor, membuat berlian rawan untuk jatuh.
Bahkan jika pemasangan berlian Anda dirancang agar relatif aman, lama kelamaan logam akan aus dan komponen pemasangan menjadi kurang tahan lama. Jika cincin Anda terbuat dari logam yang lebih lunak seperti emas atau perak, Anda harus menyadari bahwa bagian pemasangannya mudah bengkok dan rusak.
Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah berlian Anda pada cincin itu aman dengan menekannya dengan lembut, dan jika ada gerakan sekecil apa pun, segera perbaiki oleh Rockologist. Kondisi pemasangan intan juga dapat dilihat secara kasat mata, dan jika terlihat mulai berubah bentuk, bengkok atau rusak, segera lakukan perbaikan meskipun tidak ada pergerakan pada intan saat ditekan. Pastikan untuk membersihkan cincin Anda sesering mungkin karena kotoran tidak hanya mencegah Anda melihat kerusakan, tetapi juga membuat pemasangan berlian Anda lebih cepat aus.
5. Syarat dan Ketentuan Layanan Buyback di Rockologist
Rockologist menyediakan layanan pembelian kembali, untuk perhiasan dengan ketentuan sebagai berikut:
6. Status Kepemilikan Foto Perhiasan dari Proyek
Rockologist mendokumentasikan setiap produk yang dibuat oleh Rockologist. Dokumentasi ini merupakan bagian dari prosedur operasi standar Rockologist yang dikirimkan kepada klien, sebagai bentuk pertanggungjawaban Rockologist kepada kliennya. Selain itu, dokumentasi produk juga merupakan bagian dari kelengkapan data Rockologist dan digunakan untuk promosi Rockologist. Dokumentasi yang dimaksud di atas adalah milik Rockologist. Rockologist dapat menggunakan atau memodifikasi foto dan atau video untuk kepentingan apapun dari Rockologist, termasuk untuk tujuan promosi, tanpa memerlukan izin dari klien selama tidak mencantumkan nama klien atau akun media sosial klien.
7. Karya Perhiasan Rockologist Tidak Bisa 100% Sama dengan Referensi
Rockologist sangat menghargai proses handmade yang dilakukan oleh pengrajin tradisional dalam menghasilkan karya terbaik. Proses handmade memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat menghasilkan karya yang sama persis dengan referensi, baik referensi tersebut berupa gambar maupun karya seni nyata, meskipun referensi tersebut adalah gambar atau karya Rockologist. Kami berusaha semaksimal mungkin untuk membuat karya semirip mungkin dengan referensi. Namun kami bisa memastikan setiap perhiasan yang diproduksi oleh Rockologist tidak bisa sama persis dengan referensinya, karena setiap bagian dibuat secara individual dengan tangan tanpa cetakan sama sekali, dan kami yakin itulah yang membuatnya istimewa.
8. Berat pada invoice awal adalah perkiraan
Rockologist akan memberikan perkiraan berat material jika pesanan klien menggunakan material logam berbayar. Berat material logam yang dibayar diperkirakan pada invoice awal dapat berubah setelah proses produksi selesai. Berat akhir perhiasan ini akan digunakan dalam tagihan kedua yang diserahkan kepada klien. Rockologist melakukan segala upaya untuk memberikan perkiraan yang akurat dari berat perhiasan. Namun perkiraan berat bahan logam yang dibayar hanya sebagai gambaran harga awal dan tidak menentukan harga akhir perhiasan tersebut. Harga akhir akan menyesuaikan dengan berat akhir perhiasan dan tidak dapat diganggu gugat.
9. Perbedaan Keterangan Warna Berlian
Warna berlian yang kami tampilkan di website atau media sosial Rockologist, merupakan gambaran warna dengan kasat mata yang diambil menggunakan peralatan dokumentasi yang sedekat mungkin dengan warna asli berlian. Namun, sangat mungkin untuk mendistorsi tampilan warna berlian, tergantung pada perangkat layar yang digunakan saat klien melihat warna berlian di situs atau media sosial Rockologist. Ada beberapa perangkat layar yang cenderung menampilkan warna berlian menjadi lebih gelap atau lebih terang dari warna asli berlian. Selain itu, ahli permata, sebagai pihak yang kami percaya untuk menjamin keaslian berlian kami, memiliki standar tersendiri untuk kategori dan parameter deskripsi warna berlian, yang terkadang berbeda dengan deskripsi yang kami gunakan. Dan keterangan warna dari gemologist itulah yang akhirnya kami pakai di diamond card & certificate of authenticity. Karena adanya perbedaan tersebut, kemungkinan terdapat perbedaan informasi warna antara yang ditampilkan di website atau media sosial Rockologist dengan informasi warna yang tertera pada kartu diamond & sertifikat keasliannya.
10. Warna Lapisan Perhiasan Tidak Bisa 100% Sama Dengan Referensi
Seperti warna berlian, perangkat layar yang digunakan klien untuk melihat situs kami juga dapat memengaruhi perbedaan persepsi warna lapisan perhiasan. Selain itu, warna pelapis perhiasan ditentukan oleh beberapa parameter, seperti warna bahan asli atau campuran senyawa yang digunakan sebagai pelapis perhiasan. Sehingga kemungkinan terdapat perbedaan warna lapisan perhiasan yang sudah jadi dengan yang ditampilkan di website atau media sosial kami. Rockologist berusaha semaksimal mungkin untuk membuat warna perhiasan yang dihasilkan mendekati contoh yang ditampilkan di website Rockologist atau media sosial, namun proses pelapisan warna menggunakan teknik tradisional dan terkadang dapat menghasilkan warna yang berbeda dari referensi.
11. Opsi Pengemasan
12. Ukuran Cincin Memiliki Toleransi Penyimpangan
Rockologist sangat menghargai proses handmade yang dilakukan oleh pengrajin tradisional dalam menghasilkan karya terbaik. Proses handmade memiliki keterbatasan yaitu tidak dapat membuat karya yang persis sama dengan acuan, termasuk toleransi terhadap ukuran perhiasan khususnya pada cincin. Selisih 0,3 mm antara ukuran yang tertera di formulir pemesanan dengan ukuran perhiasan jadi, masih dalam batas toleransi penyimpangan ukuran cincin.
13. Kecepatan Layanan
Di Rockologist, Kecepatan Layanan adalah periode waktu dari saat klien memulai project (dengan menyerahkan form order dan melakukan pembayaran awal) hingga project tersebut selesai diproduksi oleh tim kami (tidak termasuk waktu pengiriman dan revisi yang mungkin diminta oleh klien).
Kecepatan Layanan di Rockologist terdiri dari beberapa opsi:
Opsi Kecepatan Layanan yang dipilih oleh klien menentukan seberapa cepat pesanan cincin masuk ke dalam antrian pembuatan. Proses pembuatan cincin dapat dimulai segera atau harus menunggu tergantung pada kondisi antrian saat itu. Jadi meskipun ada kemungkinan penundaan dimulainya proses pembuatan, kami menjamin bahwa cincin akan selesai sesuai dengan Kecepatan Layanan yang telah dipilih klien saat pemesanan.
Rockologist menjamin pesanan akan selesai tepat waktu dengan ketentuan sebagai berikut:
Perubahan atau penambahan data dalam form order akan mengikuti ketentuan yang sama. Jika klien tidak dapat memenuhi ketentuan di atas, Rockologist berhak untuk tidak memberikan jaminan bahwa pesanan akan selesai tepat waktu.
14. Revisi Karena Kesalahan Klien Atau Klien Berubah Pikiran
Rockologist menjamin perbaikan dan/atau revisi gratis atas produk perhiasan Rockologist yang tidak sesuai pesanan klien, yang timbul karena kesalahan Rockologist. Perbaikan dan/atau revisi yang timbul karena kesalahan dan/atau keinginan klien, termasuk mengubah atau menghilangkan ukiran, memperbaiki perhiasan yang rusak, dan mengubah bentuk akan dikenakan biaya tambahan.
15. Status Perhiasan Selesai
Setelah perhiasan selesai, Rockologist akan menindaklanjuti klien dan meminta klien untuk membayar sisa biaya perhiasan sebelum perhiasan dikirim ke klien (kecuali klien telah melakukan pembayaran penuh sejak pembayaran pertama). Jika tindak lanjut telah dilakukan, dan klien tidak membayar biaya perhiasan dalam 30 hari, perhiasan tersebut dianggap bukan perhiasan pesanan dan sepenuhnya menjadi milik Rockologist. Setiap pembayaran yang telah dibayarkan oleh klien tidak dapat dikembalikan kepada klien. Jika klien menginginkan Rockologist untuk menyimpan perhiasan tersebut, klien wajib memberitahukan Rockologist paling lambat 30 hari setelah tindak lanjut dilakukan. Rockologist mungkin membebankan biaya tambahan untuk penyimpanan perhiasan, di luar biaya penyelesaian.
16. Pembatalan Pesanan Perhiasan
Jika karena alasan tertentu klien ingin membatalkan pesanan perhiasan yang sedang diproduksi, maka klien harus mematuhi ketentuan sebagai berikut;
17. Khawatir Pengiriman Gratis
Biaya pengiriman dan resiko kehilangan dan atau kerusakan produk selama proses pengiriman menjadi tanggung jawab Rockologist, dengan ketentuan sebagai berikut;
18. Biaya Platform Tambahan di PayPal, Tokopedia & Shopee
Untuk mempermudah pelanggan, Rockologist menerima pembayaran melalui PayPal, Tokopedia, and Shopee.
Namun, untuk pembayaran melalui ketiga platform tersebut akan muncul biaya administrasi tambahan. PayPal sebesar 8%, Tokopedia sebesar 9% dan Shopee 10% dari nilai cantuman yang Anda ingin kami buat.
Misalnya, jika tagihan perhiasan Anda adalah IDR 4,000,000 maka harga pada Paypal menjadi IDR 4,320,000, pada Tokopedia menjadi IDR 4,360,000 and pada Shopee menjadi IDR 4,400,000.
19. Tentang Pre-made Items.
Pre-made items merujuk pada perhiasan siap pakai yang dapat dibeli secara langsung atau secara daring (online). Pre-made items ini dapat berupa perhiasan yang sudah pernah dibeli kembali (buyback), perhiasan display di showroom atau pameran, koleksi khusus, atau perhiasan baru yang dibuat khusus untuk listing pre-made items.
Pre-made items dijual apa adanya (‘as is’). Namun, Rockologist memastikan bahwa semua material dalam pre-made items sesuai dengan yang tercantum dalam sertifikat. Kami juga melakukan quality control menyeluruh dan perbaikan yang diperlukan sebelum items ini terdaftar sebagai pre-made.
Semua pre-made items dibuat dengan tangan oleh pengrajin Rockologist, sama seperti items custom order. Pre-made items juga memiliki hak 1x free adjustment service yang bisa di redeem saat itu juga maupun di kemudian hari. Selain itu, pre-made items juga berhak mendapatkan layanan engraving gratis jika desain perhiasan tersebut memungkinkan untuk diukir dan klien bersedia menunggu proses pengukiran.
Proses revisi cincin Pre-made akan menyesuaikan dengan standar waktu revisi cincin pada umumnya. Untuk perubahan ukuran, umumnya membutuhkan waktu sekitar 20 hari. Sementara untuk pewarnaan kembali dan penambahan engraving, membutuhkan waktu 10 hari pengerjaan. Klien juga bisa request percepatan waktu revisi dengan tambahan biaya yang sudah ditentukan.
Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk membaca syarat dan ketentuan ini. Jika ada hal lain yang ingin Anda ketahui, Asisten Pelanggan kami akan selalu membantu dengan senang hati. Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk memulai proyek bersama Anda!
Terakhir diperbahuari 29 Oktober 2024